Senin, 11 Februari 2013

Cara Penanaman Jati Solomon

Langkah awal untuk memulai penanaman bibit jati solomon adalah menyiapkan lahan yang sudah bersih dari gulma.

Langkah kedua dengan membuat lubang tanam, ukuran lubang tanam adalah 30cm x 30cm x 30cm, pada pembuatan lubang tanam tanah bagian atas dipisahkan dengan tanah bagian bawah, masing-masing tanah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam padi matang (sudah dimasak) dengan perbandingan 1:1:1, setelah itu tanah di biarkan (angin-anginkan) selama 2 minggu menjelang penanaman.

Cara Penanaman :

Pemilihan waktu tanam sangatlah penting untuk mengurangi besarnya biaya, waktu yang tepat untuk menanam bibit adalah pada saat musim hujan antara bulan Oktober sampai dengan bulan Maret, sebelum bibit ditanam tanah galian lubang dimasukan kedalam lubang tanam sekitar sepertiga dari kedalaman lubang, setelah itu buka plastik polybag dan masukan bibit bersama media asal kedalam lubang tanam, timbun bibit dengan sisa tanah galian lubang.



Untuk informasi pemeliharaan bibit sampai dengan panen dan lain-lainnya bisa datang langsung kekantor kami.
Description: Cara Penanaman Jati Solomon Rating: 4.5 Reviewer: Toni Batubara - ItemReviewed: Cara Penanaman Jati Solomon

Kamis, 07 Februari 2013

Tanaman Tumpang Sari Jati Solomon

Meningkatkan hasil budi daya perkebunan Jati dengan cara menanami tumbuhan tumpang sari. Tidak hanya bisa mendatangkan keuntungan rutin bagi anda, akan tetapi juga bisa memberikan gaji optimal bagi penggarap di setiap areal luasan kebun yang kita kembangkan.

Ada dua hal pilihan penting, terkait dengan tumpang sari ;
1. Pilihan jenis tanaman tumpang sari.
Langkah ini sangat penting, karena pilihan jenis tanaman akan sangat berpengaruh langsung terhadap kualitas Jati Solomon yang kita tanam. Kalau kita salah menentukan jenis tanaman tumpang sari, akan berdampak buruk terhadap tanaman inti. Maka dari itu ada beberapa tanaman yang dilarang dan ada juga yang sangat dianjurkan.

Tanaman yang dilarang dan bakal sangat mengganggu Jati antara lain; Singkong dan kayu keras  lainnya.

Sementara jenis tanaman tumpang sari yang dianjurkan adalah Jagung, Cabai Rawit, kacang panjang, Nilam, Sereh Wangi, Pala pisang dan Kapulaga.

2. Beri Pupuk secara rutin dengan jenis pupuk Kompos, Organik dan hayati secara bergantian kepada tanaman tumpang sari. Lakukan pemupukan sebulan sekali. Biar ongkos produksi tidak begitu membengkak, buat kompos, pupuk organik dan hayati sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Description: Tanaman Tumpang Sari Jati Solomon Rating: 4.5 Reviewer: Toni Batubara - ItemReviewed: Tanaman Tumpang Sari Jati Solomon